Fakta Menarik Indonesia Vs China Pada Final Thomas Cup


Indonesia kembali akan bertanding melawan China pada final Thomas Cup 2020 atau Thomas Cup 2021 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada hari minggu 17 oktober 2021 malam. Duel antara Indonesia vs China adalah salah satu skenario final yang telah diperkirakan sebelumnya setelah adanya pengundian pada babak perempat final.

Dalam kegiatan drawing yang berlangsung beberapa hari sebelum pertandingan, negara Indonesia diketahui tengah berada pada grup atas bersama dengan India, Denmark dan Malaysia. Sedangkan negara China bawah bersama dengan Jepang, Korea Selatan dan Thailand.

Fakta – Fakta Indonesia Vs China

  • Thomas Cup tahun 2016 kiprah terakhir Indonesia pada final

Kegiatan Thomas Cup ini merupakan ketiga kalinya Indonesia mampu menembus final semenjak menjadi juara pada tahun 2002. Indonesia pernah menginjak final di tahun 2010 dan kalah melawan China. Sedangkan pada pertandingan terakhir pada partai puncak terakhir, beberapa tahun lalu, Marcus Fernaldi Gideon bersama kawan – kawan kalah melawan Denmark.

  • Dua kolektor dengan gelar terbanyak

Indonesia dan China adalah pemilik gelar paling banyak pada ajang Thomas Cup. Tim Indonesia telah memiliki 13 tropi pada kegiatan Thomas Cup, dan China memiliki 10 gelar pada Thomas Cup.

  • Pertemuan ke 15

China merupakan salah satu negawa yang sangat sering bertemu dengan Indonesia pada kegiatan Thomas Cup. Semenjak kedua negara tersebut ikut serta, telah terjadi sebanyak 14 kali pertemuan baik pada fase grup maupun knock out.

  • Partai puncak ke 13 untuk China dan final ke 20 untuk Indonesia

Final Thomas Cup 2021 merupakan penampilan yang ke 13 untuk China dan final di kegiatan Thomas Cup 2021 untuk Indonesia adalah penampilan yang ke 10 di partai puncak. Dari 12 penampilan final sebelumnya, China hanya kalah dua kali yakni pada tahun 1984 dan 2000.

Kedua kekalahan tersebut diderita saat sedang melawan Indonesia. Enam kegagalan dari Indonesia untuk 19 partai final sebelumnya diderita oleh China sebanyak tiga kali, Denmark satu kali dan Malaysia dua kali.

  • Seluruh pemain Indonesia telah tampil

Indonesia telah mengeluarkan seluruh pemainnya pada Thomas Cup 2021 ini. tidak hanya Anthony Sinisuka Ginting, Marcus atau Kevin, Rian atau Fajar, Shesar Hiren Rhustavito, Jonathan Christie dan masih banyak lainnya. Beberapa pemain pelapis seperti Daniel Marthin atau Leo Rolly Carnando dan Chico Aura Dwi Wardoyo yang telah merasakan kiprah di kejuaraan berelu dengan level senior.

  • Bertemu terakhir pada semifinal Thomas Cup 2018

Indonesia dan China terakhir bertamu pada Thomas Cup tahun 2019 yakni pada tiga tahun lalu saat kejuaraan beregu putra tersebut tengah dilaksanakan di Bangkok, Thailand. Kemudian China menjadi unggul dengan kemenangan yang diraih oleh Shi Yuqi atas Jonatan Christie. Tiket menuju final yang diperoleh China tersebut usai Liu Yunchen atau Li Junhui menang dari Hendra Setiawan atau Mohammad Ahsan.

  • Final Indonesia vs China yang ke 6

Khusus pada partai final, Indonesia dan Chila telah bertemu sebanyak lima kali. Tiga pertemuan berakhir dengan kemenangan bagi China dan dua bagi Indonesia. China berhasil menang pada final tahun 1982, 1986 dan 2010. Sedangkan Indonesia berhasil menang pada final tahun 1984 dan 2000.

Sungguh menarik bukan? mengetahui berbagai fakta tentang Indonesia vs China dalam kegiatan Thomas Cup 2021. Semoga bermanfaat.